Catur Desa

Catur Desa
Catur Desa : Gobleg, Munduk, Gesing, Uma Jero, Klik "Posting Lama" di bawah untuk informasi lainnya

TERJADINYA PERTUMPAHAN DARAH di SANANTALA LABUH dan GENERASI BERIKUTNYA

Pernikahan Ngurah Gede Pasek Goblleg Wira Bumi dengan Putri Solo Purwakaning Dadi dikaruniai seorang putri dan dua orang putra. Putra yang pertama adalah Ngurah Gede Pasek Wira Baga, yang kedua bernama Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Guna, dan yang perempuan bernama Ngurah Nyoman Ayu Pasek Putri Dewi yang selanjutnya menikah ke Batur Sari.

Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Baga selanjutnya menikah dengan Putri Dasar Buana keturunan Gunung Agung, Bali Age menurunkan ;

1. Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Sena

2. Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Sada

3. Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Bama

4. Ngurah Ketut Pasek Gobleg Wira Sura

5. Ngurah Ketut Pasek Gobleg Putri Ayu Ratna

6. Ngurah Ketut Pasek Gobleg Putri Ayu Sekar

7. Ngurah Ketut Pasek Gobleg Putri Parwati

Sedangkan Pernikahan Ngurah Made Pasek Wira Guna dengan Putri Dasar Buana menurunkan ;

1. Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Sakti

2. Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Jaya

3. Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Dana

4. Ngurah Ketut Ayu Pasek Putri Laksmi

5. Ngurah Ketut Pasek Gobleg Putri Ayu Padmi

Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Sakti menikah dengan Dewi Sri Adnyawati keturunan Dewi Danuh di Gunung Batur menurunkan seorang putra bernama NGURAH GEDE PASEK GOBLEG WIRA ANOM, yang selanjutnya bergelar MANGKU GEDE pada tahun çaka 944.

Ngurah Gede Pasek Gobeg Wira Anom ( Mangku Gede ) menikah dengan putri dari Pedawa menurunkan ;

1. Ngurah Gede Pasek gobleg Wira Bogol

2. Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Damba

3. Ngurah Ketut Ayu Pasek Gobleg Sri Selikanti yang menikah dengan Ngurah Gede Pasek Batu Lepang di Gelgel.

Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Bogol menikah dengan Luh Pasek Tirta Sari keturunan Pasek Ulung di Les, menurunkan ;

1. Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Prodong

2. Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Ulata

3. Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Wimba

4. Ngurah Luh Pasek Amerta Sanjiwani

Ida Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Prodong beserta saudara-saudara beliau yang mengemban Petirtan Bulakan dengan Prasasti Pemeluk Siwa Muka Bulakan Dalem Tamblingan. Pada saat inilah terjadi kesepakatan di kerajaan Majapahit untuk pengutus pemuka-pemuka kerajaan ke semua Dalem yang ada dalam rangka menata ketentraman kerajaan-kerajaan di Nusantara.

Hasil kesepakatan di kerajaan Majapahit adalah menurunkan Satrya Dalem Ke kerajaan-kerajaan di Nusantara. Tepat pada hari kamis dungulan sasih kapitu tahun çaka 1133 utusan pertama diturunkan ke Dalem Solo ( Jawa ), ke dua ke Dalem Kelungkung ( Bali ), ke tiga ke Dalem Tamblingan ( Bali ), ke empat ke Dalem Pasuruan ( Jawa ), ke lima ke Dalem Blambangan ( Jawa ), ke enam ke Dalem Sumbawa, ke tujuh ke Dalem Banten ( Jawa Barat ), ke delapan ke Dalem Kanci ( Sumatra ), dan kesembilan ke Dalem Lombok. Pembagian tugas ini dipimpin oleh Ki Patih Gajah Mada yang terkenal pada saat itu.

Berdasarkan ketentuan di atas, lalu Dane Ngurah Pasek Gobleg Wira Prodong beserta saudara-saudaranya serta Prayogya dan pemuka-pemuka di Puri Sanantala Labuh mengadakan pesamuan Agung. Hasil pesamuan Agung tersebut menyatakan tidak setuju apabila Ngurah Pasek Gobleg keturunan Dalem Tamblingan yang ngemong Petirtan Bulakan Gobleg diganti oleh Satrya Dalem dari Majapahit.

Beliau bertiga dengan pengiring-pengiringnya sepakat tidak setuju dengan permintaan Satrya Dalem dari Majapahit dalam pergantian itu, lalu mengadakan melakukan perlawanan sengit sehingga terjadi pertumpahan darah di Pemulungan Agung Gobleg. Puri Sanantala Labuh Diobrak-abrik sehingga kocar-kacir. Dane Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Ulata dikejar dan akhirnya beliau gugur di tanah Barak ( palemahan desa Munduk sekarang ). Sedangkan Dane Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Wimba tidak dibunuh, tetapi dipaksa untuk menyerah dengan maksud di atas.

Dane Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Prodong dikejar terus, akhirnya berkat kesigapannya beliau beserta istrinya Luh Sekar Jagat keturunan Pasek Danajaya yang tinggal di Wongaya Tabanan lari ke Palemahan Jaka Tebel atau desa Kedis sekarang. Di tempat ini beliau tinggal dan selanjutnya dikaruniai putra yaitu;

1. Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Sedahan ( Mokoh )

Kemudian menikah dengan Luh Pasek Sukani menurunkan keturunan yang sekarang bertempat tinggal di Kedis.

2. Ngurah Made Pasek Gobleg Wira Narna, setelah kawin dengan Luh Pasek Nadi menurunkan keturunan yang sekarang tinggal di Jagatamu Tabanan.

Sejak terjadinya pertumpahan darah inilah Puri Sanantala Labuh diduduki oleh Satrya Dalem Majapahit dibantu oleh Pasek Pegatepan dari Klungkung pada tahun çaka 1425.

Demikian kuatnya pengaruh Satrya Dalem Majapahit yang dibantu oleh Pasek Pegatepan dari Klungkung saat itu terjadilah tekanan-tekanan yang menyebabkan kesahnya Perti Sentanan Dalem Tamblingan ke berbagai daerah di Bali. Walaupun demikian, berkat bisama-bisama yang telah ditanamkan oleh Ngurah Pajenengan Manca Warna tentang Pesiwaan dan pelaksanaan Panca Yadnya tetap dapat dipertahankan. Puri Sanantala Labuh agar tetap eksis menata Pesiwaan dengan bisama-bisama di atas dipindahkan dari Jembong ke tempat kedudukan yang sekarang, dengan tanggung jawab pesiwaan diemban oleh Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Wimba.

Pernikahan Ngurah Nyoman Pasek Gobleg Wira Wimba dengan Ketut Suci putri dari Pan Lebih dari Jati Luwih Tabanan, menurunkan ;

1. Luh Ngurah Padma, selanjutnya menikah ke Puri Penebel I Gusti Ngurah Gede Tangkeban.

2. Made Ngurah Payadnya, mengemban tanggung jawab Pesiwaan dan Bisama Ngurah Pajenengan Manca Warna

3. Nyoman Ayu Tamblingan, menikah ke Pasek Gobleg yang tinggal di Gesing.

Made Ngurah Payadnya menikah dengan Nursah dari Blambangan Jawa Timur menurunkan ;

1. Luh Gede Tirta, setelah dewasa menikah dengan putra Bendesa Manik Mas Tadtadan Anak Agung Dandang Gendis di desa Panji Buleleng.

2. Made Ngurah Jawita, yang bertanggung jawab di Pesiwaan dan Puri Sanantala Labuh. Beliau menikah dengan Gusti Ayu Tunjung, turunan Pasek Gelgel Pegatepan yang tinggal di Gobleg.

Perkawinan Made Ngurah Jawita dengan Gusti Ayu Tunjung menurunkan ;

1. Gede Labek, yang menjadi Pengenter Agung di Pura Bulakan

Beliau menikah dengan Made Astri putri dari Pan Darna, Jero Bendesa Kayuputih.

2. Made Arini, menikah dengan Nyoman Gede Sadu putra dari I Pasek Gelgel Pegatepan dari desa Selat Buleleng.

3. Nyoman Ari, menikah dengan I Gusti Gede Awu di Jero Gobleg

Perkawinan Gede Labek dengan Made Astri menurunkan;

1. Luh Natih.

2. Nyoman Gede Madyastra, beliau bertugas melanjutkan ngemban Pesiwaan dibantu oleh Parayogya, selanjutnya menikah dengan Made Wangi putra I Dukuh dari Tirta Arum desa Keramas Gianyar.

Pernikahan Nyoman Gede Madyastra dengan Made Wangi menurunkan;

1. Cening Darti yang selanjutnya menikah ke desa Karadan Penebel.

2. Made Biru yang diangkat sebagai sentana di Jero Gobleg.

3. Gusti Kerog yang ngemban Pesiwaan di Puri Gobleg.

4. Nyoman Lampah menikah dengan istri dari Banjar Unusan Gobleg.

5. Ketut Muter menikah dengan Ketut Bakti dari desa Munduk.

Pernikahan Gusti Kerog dengan Luh Nadri dari Unusan Jembong menurunkan ;

1. Gusti Gede Putra.

2. Gusti Ayu Manik.

3. Gusti Tirta.

Gusti Gede Putra yang bertugas ngemban Pesiwaan dibantu oleh Parayogya, selanjutnya beristri dua orang. Perkawinan beliau dengan Gusti Ayu Merta menurunkan Gusti Agung Pradnyan. Sedangkan perkawinan beliau dengan Jero Kemuda dari Jembong menurunkan Gusti Gede Subawa. Gusti Gede Subawa dan Gusti Agung Pradnyan disamping secara otomatis berdasarkan garis keturunan dan telah mediksa, menurut sastra dresta adiksa widhi dibantu oleh Parayogya dijuluki Ngurah Manca Warna.

11 komentar:

  1. di desa tunju (desa gunungsari,kec.seririt)sekarang berkembang pasek gelgel dadya agung br.pegatepan gelgel klungkung kami merasa belum jelas keberadaannya dari mana beliau itu,diatas kami baca tdk ada ke tunju,mohon penjelasannya.

    BalasHapus
  2. Yth. Wira
    Beberapa ini saya membaca tulisan-tulisan di blog anda dan saya tertarik sekali.
    Mohon informasi sekiranya ada materi yang menyebutkan mengenai keterkaitan antara keturunan Gobleg dengan warga di Banjar Kebon Cepaka, Desa Manikyang, Kecamatan Selemadeg, Kabuoaten Tabanan.
    Selama ini kami nunas tirta pemuput karya ring Pura Siwa Muka Bulakan Dalem Tamblingan, namun cerita dari para tetua kami yang menunjukkan keterikatan kami serta jati diri kami seolah terputus, karena itu sekiranya Wira punya informasinya maka kami akan sangat berterimakasih.

    Salam

    BalasHapus
  3. pak wira apakah sejarah yg di tulis ini sdh mendapat cek n ricek dari mgurah mancawarna sebagai sesepuh kami? suksma

    BalasHapus
  4. tiang nunas ampure dumun yening wenten keiwangan tiang meatur atur. tiang sakeng desa gunung sari luan jalan kec, seririt. kab, buleleng. tiang sampun nyungkemin indik pasiwaan tiang ring gobleng nanging sekadi belog ring arep tiang wacen ten wenten sane nyeritayang indik kedese gunung sari. tiang mohon petunjuk

    BalasHapus
  5. tiang nunas ampure dumun yening wenten keiwangan tiang meatur atur. tiang sakeng desa gunung sari luan jalan kec, seririt. kab, buleleng. tiang sampun nyungkemin indik pasiwaan tiang ring gobleng nanging sekadi belog ring arep tiang wacen ten wenten sane nyeritayang indik kedese gunung sari. tiang mohon petunjuk

    BalasHapus
  6. Om swastiastu, kalau ada refrensi lagi mohon di tambah, myngkin saya jyga sama seperti bapak gede widiana dimana samapai sekarang belum menemukan kejelasan. Kelyarga tiang di br.ubung penebel tabanan. Suksma

    BalasHapus
  7. Om swastiastu, kalau ada refrensi lagi mohon di tambah, myngkin saya jyga sama seperti bapak gede widiana dimana samapai sekarang belum menemukan kejelasan. Kelyarga tiang di br.ubung penebel tabanan. Suksma

    BalasHapus
  8. Ampura tytiang sakeng desa kalianget, wenten sane jagi pacang takenang tytiang, napi wenten hubungan kerajaan gobleg atawi desa gobleg dengan desa kalianget, suksma lan ampura.

    BalasHapus
  9. Tiang saking desa padang bulia yang juga pemeluk siwa bulakan, tetapi sampai saat ini kami sekeluarga belum tahu asal usul kami sampai ada di padang bulia, saya minta tolong sama pak kadek pencerahannya,, sujsema

    BalasHapus
  10. Casino 2021 | The Jtm Hub
    Casino 밀양 출장샵 2021 김천 출장샵 - Get your bonus 수원 출장안마 now and place your first bets 진주 출장안마 at Jtm 김천 출장안마 You don't need to be a member to play at the Jtm slots online.

    BalasHapus
  11. ??????? Inikah asal usul tyang,,,,

    BalasHapus

Mohon komentarnya yang logis tanpa mengurangi nilai-nilai intelektualistis guna tercipta komentar serta pertanyaan yang bermanfaat bagi kita semua.