Catur Desa

Catur Desa
Catur Desa : Gobleg, Munduk, Gesing, Uma Jero, Klik "Posting Lama" di bawah untuk informasi lainnya

NGURAH PAJENENGAN MANCA WARNA

Sejalan dengan perkembangan Sri Dalem Wirabumi menjadi dewasa, entah bagaimana perjalanan beliau akhirnya kawin dengan keponakan beliau di Solo yang bernama PUTRI SOLO PURWAKANING DADI. Sebagai keturunan ketiga dari dinasti Dalem Wira Tamblingan, karena menikahdengan keponakan pada waktu itu oleh lembaga puri baik di Solo maupun Sanantala Labuh Gobleg dianggap “nyasar laksana”. Oleh karena itu sejak pernikahan Ida Sri Dalem Wirabumi dengan Putri Solo tersebut, terjadilah perkembanga baru di Puri Sanantala Labuh Gobleg.

Oleh Ayah’ndanya di Solo serta kesepakatan dengan Ida Dalem Maojog Mambek akhirnya Ida Dalem Wira Bumi sejak saat itu dikukuhkan menjadi “NGURAH PAJENENGAN MANCA WARNA” dengan sebutan “NGURAH GEDE PASEK GOBLEG WIRA BUMI”. Berdasarkan sebutan ini munculah sejarah Pasek Gobleg Ka Dalem Tamblingan, sedangkan untuk pengiring-pengiring setia beliau menyatu menjadi Pasek Gobleg Ma Dalem Tamblingan, yang selanjutnya menjadi cikal bakal sebutan Pemeluk Siwa Muka Dalem Tamblingan Gobleg.

Setelah perkawinan antara Ngurah Pajenengan Manca Warna dengan sebutan Ngurah Gede Pasek Gobleg Wira Bumi dengan keponakannya dari Solo, sejak saat itu Ida Dalem Maojog Mambek dengan istrinya Dewi Sarin Tahun menciptakan TIRTA PRADANA URIP dan TIRTA PRADANA PATI untuk “muput salwiring saraja karya” keturunan Dalem Wira Tamblingan beserta pengiring-pengiring beliau. Akhirnya setelah tercipta Tirta Predana Urip dan Tirta Predana Pati tersebut di Pura Bulakan, moksalah Ida Dalem Maojog Mambek pada tahun çaka 401.

Tempat terciptanya Tirta Predana Urip dan Tirta Predana Pati, sekarang menjadi Pura Bulakan yang menjadi sungsungan seluruh keturunan Pasek Gobleg Wira Bumi, sedangkan Ngurah Pasek Gobleg Wirabumi dijuluki Ngurah Pajenengan Manca Warna. Ngurah Pajenengan Manca Warna selanjutnya mendapat tugas ngemban petirtan dengan Tirta Predana Urip dan Tirta Predana Pati yang telah tercipta.

Sejak saat itulah Ngurah Pajenengan Manca Warna dengan kesepakatan pengiring-pengiringnya yang terdiri atas 16 Pasek seperti disebutkan di atas, melakukan lima fungsi dalam mengemban petirtan di Bulakan, yaitu ;

1. Beliau berfungsi sebagai Siwa, tatkala “nuhur” (ngarga) Tirta di Bulakan

2. Beliau disebut ngurah penyarikan, tatkala muput Yadnya

3. Beliau disebut Bhagawan Gama, tatkala nyapa banten pengelukat bumi

4. Beliau disebut Balian Guru Sakti, tatkala muput upacara

5. Beliau disebut Bendesa Dalem Tamblingan, tatkala nabdab kerama.

Demikian fungsi Ngurah Manca Warna di Pura Bulakan yang terletak di Pewidangan Sanantala Labuh Gobleg dengn pengiring-pengiring beliau pada saat itu, sudah barang tentu berdasarkan “bisama-bisama” dari Ida Dalem Maojog Mambek.

Pengiring-pengiring beliau yang dengan tekun membantu 5 fungsi beliau dikukuhkan sebagai pengabih beliau dengan sebutan PARAYOGYA.

Parayogya-parayogya itu meliputi:

1. Ngurah Pangenter

2. Para Kelihan Tinggi

3. Ngurah Mangku Agung

4. Ngurah Kubayan

5. Ngurah Pangengeng

6. Balian Tiga Sakti

7. Balian Sanding

8. Balian Sasa

9. Balian Susul

10. Pernas

Sudah tentu sebutan-seutan di atas adalah pengabih beliau yang telah mendapat penugrahan Ngurah Manca Warna, dan telah mediksa sesuai dengan ketentuan pada saat itu.

Seluruh pengiring-pengiring beliau dengan tekun mengikuti petunjuk-petunjuk upacara dan upakara yadnya sehingga terciptalah kesejahteraan sekala maupun niskala di Pewidangan Sanantala Labuh.

Dengan kepercayaan, kesejahteraan lahir dan batin serta kedamaian yang didapat oleh pengiring-pengiring beliau, maka seluruh pengiring itu mateges Pasek Gobleg Ma Dalem Tamblingan, yang untuk selanjutnya seluruh perti sentananya menjadi Pemeluk Siwa Muka Bulakan Dalem Tamblingan Gobleg.

2 komentar:

  1. om swastyastu

    ini bukan kmentar melainkan pertanyaan

    apa hub siwa muka bulakan dengan sebagian msyarakat desa panji karna mereka juga mesiwa ke bulakan
    mohon jawaban yng bener bukan rekayasa

    suksma

    ketut witama

    pemeluk siwa muka bulakan

    BalasHapus
  2. untuk danau tamblingan yang kita cintai..memang terlihat sangat asri tapi kalau di pandang dari jauh

    coba masuk kedalam kayu2 yng besar2 sudah habis..dngan maraknya pencurian kayu di malam hari

    kamipecinta tamblingan mohon kpd petugas polhut yang bertugs d sini harap tegas menindak oknum2 tsb


    terima kasih semoga di dengar

    BalasHapus

Mohon komentarnya yang logis tanpa mengurangi nilai-nilai intelektualistis guna tercipta komentar serta pertanyaan yang bermanfaat bagi kita semua.